Perjalanan Kalistenik dari Nol, apa yang Harus Disiapkan?

Awal mula mengenal kalistenik dari seorang teman, penggila gym, istilahnya gym rat. Ia mulai mengurangi intensitas pergi ke gymnya dan mulai berlatih dengan alat-alat seadanya, training bar, dan  mulai mempraktekkan kalistenik karena tuntutan membentuk otot yang sudah seperti candu baginya, ditambah lagi bisa berhemat biaya keanggotaan di gym merupakan suatu nilai lebih tersendiri.
Tidak mudah untuk menjalankan kalistenik pertama kali. Jika kamu belum terbiasa dengan peralatan yang ada di pusat kebugaran dan belum berberat badan ideal (overweight) disarankan untuk membenahi pola latihan dan makanmu terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kebugaran tanpa (atau sedikit) alat ini.

Saya sendiri telah mengerjakan PR saya. Sebelumnya BMI bisa di angka 28, namun setelah menjalankan diet modifikasi rendah gula tinggi lemak (akan saya ceritakan juga di postingan-postingan selanjutnya) selama beberapa tahun dan sempat setahun mengikuti keanggotaan di gym, olahraga kardio cukup rutin (bersepeda), kali ini saya ingin membentuk massa otot yang kering. Ya, tidak perlu terlalu bulky, hanya berotot saja target saya.

penampakan di hari pertama
Olahraga ini memang sebaiknya dengan komunitas atau personal trainer untuk menghindari cedera. Tapi saya tipenya orangnya ngoprekan ya, jadi saya lahap dahulu ilmunya dari internet, forum, saya tuangkan lagi di sini untuk mendapatkan umpan balik, dan saya mulai perlahan dari yang paling ringan terlebih dahulu untuk menghindari cedera. Sedapat mungkin bermain aman.

Untuk kondisi saya sekarang BMI normal cenderung ke batas atas mendekati overweight (23), berencana membentuk massa otot secukupnya (nah ini seharusnya diukur), namun untuk kepraktisan hanya mengandalkan visual saja dan indikator lainnya adalah VO2 maks, yup, percuma kan berotot kalau ngos-ngosan. hehe.

Latihan tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan jiwa yang sehat. Jadi nanti akan ada postingan-postingan juga yang bertujuan untuk membentuk pikiran supaya lebih positif. Yoh!
It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver. - Mahatma Gandhi
Ardhi praktisi IT dan penggemar aktifitas digital.

0 Response to "Perjalanan Kalistenik dari Nol, apa yang Harus Disiapkan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel