Alat dan Persiapan Untuk Melakukan Olahraga Kalistenik

Kalistenik termasuk olahraga yang tidak memerlukan banyak peralatan atau sama sekali. Pada dasarnya ini masih satu "rumpun" dengan olahraga Yoga, Aerobic, atau Bodyweight Training. Langsung turun dan praktekkan ke lantai sekarang juga bisa.

Untuk lebih menunjang latihan, saya meninvestasikan peralatan lebih ke pakaian yang nyaman dan matras latihan, cukup untuk pemula melakukan kalistenik:

1. Seragam latihan.

pilihlah yang berbahan katun dan fleksibel

Saya lebih memilih yang press body dan fleksibel (bisa melar) serta menyerap keringat. Ini akan menambah semangat untuk latihan.

2. Karpet latihan.
karpet untuk latihan kalistenik

Training mat atau karpet latihan pilihlah dari bahan yang empuk seperti busa tetapi tidak membuat lengket. Saya menggunakan ukuran kecil kira-kira 75cm x 25cm, cukup untuk penopang siku/lutut saat latihan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Untuk saat ini itu saja, nanti setelah terlihat sedikit hasilnya, jika diperlukan bisa membeli pull up bar yang bisa dipasang di pintu, roll up pillow, paralet, kapur supaya tidak licin, dip bar, dll

Ceklis yang perlu dilakukan sebelum berkalistenik.

Selanjutnya yang perlu diingat adalah apakah kita telah melaksanakan pekerjaan rumah kita sebelum terjun ke dunia kalistenik?

Jika Anda masih kelebihan berat badan (overweight), saya sarankan untuk mengimbanginya terlebih dahulu, minimal ke berat badan normal BMI idealnya 20 sampai 25 (jangan terlalu kurus juga) karena akan menguras tenaga kita butuh sedikit lemak cadangan (ini hanya ukuran saya saja).

dikutip dari foodketo.com
BMI dan nutrisi juga sangat menentukan apakah Anda ingin membentuk otot besar-besar seperti Dwayne Johnson, Dedi Cahyadi ataukah hanya kering saja seperti tentara Kopassus?

tentara berotot, dari quora.com

Great Ideas Originally in Muscles -- Thomas A. Edison

Saya ada pengalaman menurunkan berat badan dari BMI 28 ke BMI 22 dengan total turun hingga hampir 15 kg dalam 4-5 bulan dengan menggunakan variasi diet ketogenik, yaitu diet memakan banyak lemak serta rendah gula, sama sekali stop nasi, gula beserta turunannya, serta tepung-tepungan seperti roti sumber karbohidrat dan menggantinya dengan sumber lemak seperti kulit ayam, kuah kaldu, kuning telur, dll.

Mungkin terdengar counter-intuitive bisa kurus dengan memakan banyak lemak, tetapi itulah yang terjadi. Setiap orang mungkin mempunyai cara diet yang berbeda dan ini yang cocok dengan saya. Banyak bahasannya di Internet jika Anda mencari 'keto diet' atau 'low carb high fat diet'. Sesuaikan dengan ritme tubuh Anda, setelahnya untuk saya tidak menjalaninya secara 'totok' atau fanatik, saat ini hanya berpantang nasi putih dan gula+biang gula, tetapi dengan olahraga teratur tetap bisa mendapatkan BMI normal batas atas (23,24). Kapan kapan akan kita bahas juga di sini masalah diet.

Sekali lagi ini cocok-cocokan dengan tubuh masing-masing individu, tetapi yang paling efektif mengurangi berat badan dari pengalaman saya (sempat 5-7 tahun overweight) adalah diet tinggi lemak rendah karbo/gula. Stamina pun lebih terjaga karena tubuh lebih ringan.

Begitu pentingnya untuk membentuk BMI ideal terlebih dahulu hingga sangat disarankan di buku "Aerobics program for total well being" sebagai syarat utama untuk mencapai keseimbangan kesehatan.

  • Banyak minum air putih, tetap terhidrasi adalah ceklis berikutnya. Jangan lupa minimal 1,6 liter air tiap harinya.
  • Tetap berpikiran positif dan hindari stress berkepanjangan
  • Tidur yang cukup 8 jam perharinya, bisa disebar dengan tidur siang 1 jam.


Olahraga kardio yang membantu.

Persiapan lainnya sekaligus bisa juga untuk menurunkan berat badan adalah olahraga kardio, pilihlah yang sesuai dengan tipe Anda, lari, bersepeda, bersepeda statis, berenang, atau lompat tali (skipping). cukup 20 menit sekali latihan minimal 2x seminggu. Ini akan sangat membantu latihan kalistenik Anda.

contoh porsi kardio (aslinya bersepeda--salah input data)

Setelah persiapan tercukupi, selanjutnya adalah menentukan target yang ingin dicapai dari olahraga ini.

Body goals.
perbandingan massa otot dan lemak dari crossfitinvictus.com
Mau seberapa berototkah Anda? Target saya 10-12 % lemak, dan perlu diingat prosentasi lemak bisa berbeda antara pria dan wanita untuk penampakannya. Wanita dengan lemak lebih banyak bisa tampak lebih langsing.

Selanjutnya menentukan porsi latihan akan dibahas di post selanjutnya. 
Ardhi praktisi IT dan penggemar aktifitas digital.

Belum ada Komentar untuk "Alat dan Persiapan Untuk Melakukan Olahraga Kalistenik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel